Rabu, 06 Juni 2012

sholat sunnah rowatib dengan berjama'ah



            Sudah menjadi tradisi masyarakat melaksanakan sholat sunnah rowatib (qobliyah ba’diyah) secarberjama’ah. padahal sholat sunnah rowatib bukan termasuk sholat yang sunnah dilakukan secara berjama’ah.
Pertanyaan   :  Apakah hal tersebut diatas bisa mendapat pahala  ?
Jawab           :  Ulama berbeda pendapat  :
-          Mendapat pahala berjama’ah.
-          Tidak mendapat pahala berjama’ah.
-          Mendapat pahala jika bertujuan ta’lim (mendidik) dan tidak menimbulkan persepsi bahwa hal tersebut disunnahkan.
Ta’bir            :  I’anatuth Tholibin juz I hal. 245.
                         Bughyatul Mustarsyidin hal. 67.

2.    فى إعانة الطالبين 1/245 مانصه : (قوله لاتسن له جماعة) أى دائما وأبدا بأن لم تسن له أصلا أو تسن فى بعض الأوقات كالوتر فى رمضان قال فى النهاية : ولو صلى جماعة لم يكره انتهى. ونقل ع ش عن سم أنه يثاب عليها وقال ح ل لايثاب عليها قال البجيرمي واعتمد شيخنا ح ف كلام ح ل.
3.    وفى بغـية المـستـرشـدين 1/67 مـانصـه : (مسألة ك) تـباح الجـماعـة فى الوتـر والتسبيح فلا كراهـة فى ذلك ولا ثواب نعم إن قـصـد نحو الـمصـليـن وتـحريضهم كان له ثواب وأي ثواب بالنيـة الـحسنة فكما يـباح الجـهر فى موضع الإسـرار الذى هـو مكروه فأولى مـا أصـلـه الإبـاحـة إلى أن قـال هـذا إذا لم يقـترن بـذالك محذور كـنحو إيذاء أو إعـتقاد وإلا فـلا ثـواب بـل يـحرم و يمنـع منـها الـعـامة مـشـروعية الـجـماعة.

3 komentar:

  1. KALAU UNTUK TAROWIH TETAP DISUNNAHKAN BERJAMA'AH DG TUJUAN SYI'AR JUGA MERUPAKAN SUNNAH KHULAFA AL RASYIDIN...
    TAPI UNTUK SELAIN TAROWIH DI BULAN RAMADHAN SEBAIKNYA JANGAN BERJAMA'AH (KHILAFUL AULA)
    WALLAHU 'ALAM BISHSHOWAB

    BalasHapus
  2. ooohhh gitu toh,,
    jadi kalo sunnah selain tarawih,, lebih baik shalat sendirian,, yah pak?

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus